LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Bety Indrajayanti, Bety Indrajayanti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Program Kuliah Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan yang sebenarnya. SMP Negeri 3 Depok berlokasi di Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta ini merupakan sekolah bertaraf SSN (Sekolah Standar Nasional) yang mempunyai 4 kelas untuk kelas VII, 4 kelas untuk kelas VIII, dan 4 kelas untuk kelas IX. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk melatih mahasiswa dalam menerapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan seputar kegiatan belajar mengajar. Namun demikian, praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL dengan menerapkan ilmu atau teori-teori yang telah dipelajari di kampus, sehingga seluruh rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa KKN PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43888

Actions (login required)

View Item View Item