Upaya Peningkatan Motivasi dan Keberanian Berbicara dalam Mata Kuliah Sprechfertigkeit I dengan Metode Bermain Peran Lanjut di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

Mulyati, Retno Endah Sri (2010) Upaya Peningkatan Motivasi dan Keberanian Berbicara dalam Mata Kuliah Sprechfertigkeit I dengan Metode Bermain Peran Lanjut di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retno-endah-sri-mulyati-00735025.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keberanian berbicara dalam mata kuliah Sprechfertigkeit I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman semester I kelas H. Alasan dipilihnya kelas H sebagai subjek penelitian ini adalah dibandingkan dengan tiga kelas yang lainnya (kelas A, B dan G) diketahui bahwa kelas H merupakan kelas yang paling pasif dan paling lemah. Untuk meningkatkan motivasi dan keberanian berbicara mereka tindakan yang diberikan kepada kelas tersebut adalah dengan memberikan latihan dan permainan yang lebih banyak, dengan memberikan tugas-tugas yang menarik, dengan memberikan pertanyaan, kesempatan bertanya dan berpendapat yang lebih sering. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Pada dasarnya tindakan yang diberikan pada siklus I dan II hampir sama dan yang membedakannya adalah permainan dan tugas yang diterapkan pada kedua siklus tersebut. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, diskusi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) dengan permainan dan latihan yang lebih banyak dapat mendorong mahasiswa untuk selalu berusaha berbicara dalam bahasa Jerman, (2) dengan tugas-tugas yang menarik dapat mendorong mahasiswa untuk selalu mengerjakan tugas dari dosen, (3) dengan pertanyaan, kesempatan bertanya dan berpendapat yang diberikan oleh dosen dengan frekuensi lebih banyak mahasiswa lebih aktif dan berani berbicara dalam perkuliahan Sprechfertigkeit I.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, keberanian berbicara, metode bermain peran lanjut
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43882

Actions (login required)

View Item View Item