Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri 1 Labuha Kabupaten Halmahera Selatan

Munuy, Ramly (2010) Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri 1 Labuha Kabupaten Halmahera Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ramly-munuy-08703251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) dukungan faktor kondisi lingkungan masyarakat terhadap pelaksanaan program MBS; 2) ketersediaan dan kesiapan input pendidikan yang mendukung keterlaksanaan program MBS; 3) keterbukaan manajemen sekolah, baik untuk program maupun untuk dana; 4) iklim kerjasama antar sesama komunitas sekolah, dan antar komunitas sekolah dengan masyarakat; 5) kemandirian sekolah; 6) ketercapaian sasaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan program MBS; 7) dampak MBS terhadap sekolah; dan 8) kendala-kendala pelaksanaan MBS di SD Negeri 1 Labuha, Halmahera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan campuran (kualitatif-kuantitatif), menggunakan model evaluasi CIPP dari Stufflebeam. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, para guru, para siswa, komite sekolah, pimpinan masyarakat dan pengawas pendidikan. Data dikumpulkan melaui kuesioner, interviu, dokumentasi, dan obsevasi. Untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) dukungan faktor kondisi lingkungan masyarakat terhadap pelaksanaan program MBS tergolong baik, (nilai rerata 3,89 dari nilai maksimal 5,00); 2) ketersediaan dan kesiapan komponen input pendidikan untuk mendukung keterlaksanaan program MBS tergolong cukup, (nilai rerata 3,44 dari nilai maksimal 5,00); 3) iklim keterbukaan manajemen sekolah di bidang program dan dana tergolong baik, (nilai rerata 3,75 dari nilai maksimal 5,00); 4) iklim kerjasama antara sesama komunitas sekolah, dan antara komonitas sekolah dan masyarakat tergolong cukup, (nilai rerata 3,17 dari nilai maksimal 5,00); 5) kemandirian sekolah dalam menerapkan program tergolong cukup, (nilai rerata 3,48 dari nilai maksimal 5,00); 6) ketercapaian sasaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan program MBS tergolon baik, (nilai rerata 3,50 dari nilai maksimal 5,00); 7) dampak program MBS terhadap sekolah tergolong baik, (nilai rerata 3,83 dari nilai maksimal 5,00); dan 8) kendala-kendala implementasi MBS di SD Negeri 1 Labuha adalah rendahnya kemampuan sekolah dalam bidang dana, rendahnya gaji bagi guru honor, tidak ada tenaga administrasi, dan lemahnya supervisi dan pengawasan dari dinas pendidikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43878

Actions (login required)

View Item View Item