Keefektifan Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Akademik di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul

Rahmatun, Rahmatun (2010) Keefektifan Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Akademik di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmatun-01735191.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mekanisme pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul, (2) keefektifan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, dan (3) faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Penelitian ini gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengambilan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan cara skor, dan analisis kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana di SMK Negeri 2 Kasihan dilaksanakan sangat baik. Hal itu ditunjukkan dengan tingkat kesesuaian sebesar 90% dengan standar sarana dan prasarana yang ditetapkan dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Pengelolaan sarana dan prasarana dilihat dari perencanaan tergolong sangat baik, dilihat dari adanya identifikasi kebutuhan terlebih dahulu, perencanaan pengadaan, perencanaan sesuai dengan ketersediaan dana, penundaan pengadaan sarana dan prasarana sesuai dengan prioritas atau kebutuhan sekolah. Pengorganisasian sarana dan prasarana termasuk dalam kategori sangat baik, dilihat dari identifikasi tujuan-tujuan dan sasaran penggunaan sarana dan prasarana, mengkaji kembali tujuan penggunaan sarana dan prasarana, memberikan informasi mengenai penggunaan sarana dan prasarana pendidikan. Penggunaan sarana dan prasarana termasuk dalam kategori baik, dilihat dari kesesuaian dengan jumlah kelas, jumlah siswa, jumlah ruang, keefektifan penggunaan, kehati-hatian, manfaat sarana dan prasarana. Pengkoordinasian sarana dan prasarana termasuk dalam kategori baik, dilihat dari adanya petugas khusus, petugas menjalin kerjasama dengan warga sekolah. Pengendalian sarana dan prasarana termasuk dalam kategori baik, dilihat dari pemantauan, inventarisasi, penggunaan sarana dan prasarana, perawatan, dan menyediakan waktu untuk melakukan perawatan. Pengelolaan sarana dan prasarana sangat efektif dalam meningkatkan kualitas akademik, dilihat dari sikap siswa, pengetahuan siswa, dan keterampilan masing-masing termasuk dalam kategori sangat tinggi, pencapaian KKM yang lebih tinggi. Faktor-faktor yang menjadi pendukung yakni: (1) kerjasama yang baik, (2) administrasi/inventarisasi yang baik, (3) perawatan secara berkala. Sementara faktor penghambat yakni: (1) keterbatasan sumber daya manusia, (2) keterbatasan dana yang dimiliki sekolah, dan (3) rendahnya kesadarana sebagian guru untuk terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarana khususnya perawatan dan koordinasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, sarana prasarana, kualitas akademik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:37
Last Modified: 29 Jan 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43876

Actions (login required)

View Item View Item