Evaluasi Program Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Home Base 2 Sewon-Pleret Kabupaten Bantul

Wandono, Putut Agus (2010) Evaluasi Program Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di Home Base 2 Sewon-Pleret Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-putut-agus-wandono-01735168.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) program lesson study dilihat dari konteks, input, proses, dan produk, (2) keefektifan program lesson study berbasis MGMP, dan (3) faktor-faktor yang menjadi kendala program lesson study berbasis MGMP di Home Base 2 Sewon-Pleret. Penelitian ini merupakan gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di Home Base 2 Sewon-Pleret Kabupaten Bantul. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang terlibat dalam pelaksanaan program lesson study berbasis MGMP di Home Base 2 Sewon-Pleret Kabupaten Bantul. Pengambilan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan cara skor, dan analisis kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks dalam program lesson study termasuk dalam kategori baik, dilihat dari program disesuaikan dengan tuntutan sekolah dan siswa akan guru yang memiliki kompetensi dan profesionalisme yang tinggi, visi dan misi sekolah, dan kurikulum sekolah. Input dalam program lesson study termasuk dalam kategori baik, dilihat dari sumber daya manusia yang memadai, sarana dan prasarana, visi dan misi sekolah yang jelas, kurikulum yang disusun, tujuan serta sasaran yang jelas. Hal yang masih kurang adalah sarana dan prasarana belum sepenuhnya memadai dan keterbatasan dana. Proses dalam program lesson study termasuk dalam kategori baik, dilihat dari keterlibatan/partisipasi guru yang tinggi, kerjasama guru, kemampuan menerima perbedaan, pelaksanaan kegiatan, kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan, dan respons siswa yang baik. Hal yang kurang yakni belum semua guru ikut aktif, serta penggunaan waktu belum baik. Produk dalam program lesson study termasuk dalam kategori baik, dilihat dari kemajuan sekolah, meningkatnya kompetensi guru, dan kemajuan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Kendala dalam pelaksanaan kegiatan lesson study yakni: (a) adanya perasaan terbebani bagi guru, (b) keterbatasan waktu, (c) keterbatasan sarana dan prasarana, (d) keterbatasan dana, dan (e) rendahnya kesadaran untuk terlibat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, lesson study, Musyawarah Guru Mata Pelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:25
Last Modified: 29 Jan 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43874

Actions (login required)

View Item View Item