PENGARUH KELAYAKAN PERALATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP BUDAYA/KEBIASAAN MENGGUNAKAN PERALATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI BENGKEL PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Hidayatullah, Hidayatullah (2016) PENGARUH KELAYAKAN PERALATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP BUDAYA/KEBIASAAN MENGGUNAKAN PERALATAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI BENGKEL PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hidayatullah 14.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelayakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap budaya/kebiasaan menggunakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja di bengkel pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan dua macam variabel, 1) variabel bebas, yaitu: kelayakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (X); 2) variabel terikat, yaitu: budaya/kebiasaan menggunakan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah ketua jurusan, ketua bengkel, serta siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta berjumlah 60 resonden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi dan regresi. Pengujian t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa besar t hitung (t hitung = 4,191703) lebih besar dari pada t tabel (t tabel = 2,000). Oleh karena itu variabel bebas dan variabel terikat pada penelitian ini adalah normal dan berpengaruh dan memiliki korelasi sebesar 0,4822. Bila yang digunakan taraf kesalahan 5 % dan N = 60, maka besar r tabel = 0,254, Berdasarkan hasil perhitungan besar r hitung lebih besar dari pada r tabel (r hitung = 0,4822 > r tabel = 0,254). Oleh karena itu terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 23,25% dengan persamaan regresinya Y = 0,384X + 12,684. Kata kunci: kelayakan peralatan K3, budaya menggunakan peralatan K3, SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 25 Nov 2016 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43873

Actions (login required)

View Item View Item