Peningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII MTs YAPI Pakem

Nofiati, Siti (2016) Peningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII MTs YAPI Pakem. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI 10416241038.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui pelaksanaan metode Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs YAPI Pakem, dan (2) mengetahui besaran persentase peningkatan tanggung jawab belajar melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs YAPI Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-September 2016 yang dilaksanakan di MTs YAPI Pakem. Subjek Penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII A sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dengan skala Likert. Pengujian validitas instrument yang digunakan adalah validitas (content validity), diperoleh dengan cara uji validitas oleh para ahli (expert judgment). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab belajar melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs YAPI Pakem adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab belajar siswa melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs YAPI Pakem dapat meningkat. Tanggung jawab belajar meningkat melalui metode Student Team Achievement Division (STAD) dikarenakan metode Student Team Achievement Division (STAD) mempunyai sintaks pembelajaran yang berbeda dengan metode pembelajaran yang lain. Sintaks pembelajaran yang dapat meningkatkan tanggung jawab belajar antara lain langkah presentasi kelas, membagi dalam kelompok kuis, menentukan skor, dan penghargaan. Sintaks pembelajaran yang dilaksanakan dapat meningkatkan tanggung jawab belajar sebesar 6% setelah tiga kali siklus pembelajaran dilaksanakan. Kata kunci : tanggung jawab belajar, mata pelajaran IPS, metode Student Team Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 23 Nov 2016 00:16
Last Modified: 30 Jan 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43863

Actions (login required)

View Item View Item