Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di SD Negeri Purwosari Kulon dan SD Negeri Mangkubumen Lor No 15 Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Agustina, Putri (2016) Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di SD Negeri Purwosari Kulon dan SD Negeri Mangkubumen Lor No 15 Kecamatan Laweyan, Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-putri-agustina-11712251008.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah di SD Negeri Purwosari Kulon dan SD Negeri Mangkubumen Lor No 15. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Selanjutnya dilakukan penjajagan lapangan dengan mencari informasi lanjutan. Subyek penelitian dipilih secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan peneliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi peran serta, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik pemeriksaan data dengan kriteria derajat kepercayaan (uji credibility), keteralihan (Uji transferability), kebergantungan (dependability), kepastian (confirmability). Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis induktif. Hasil penelitian bahwa: 1) Karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Purwosari Kulon antara lain adalah a) memberi keteladanan; b) longgar, mempertimbangkan senioritas dan perasaan bawahan; c) pesimis; dan d) pasrah. Budaya sekolah yang berkembang adalah budaya: sholat berjamaah dan menjaga kebersihan sekolah, meremehkan aturan, formalitas, malas membaca, dan pembelajaran yang lesu; 2) Karakteristik perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 antara lain adalah a) memberi keteladanan; b) tegas; c) optimis dan bersemangat; d) bijaksana; e) rendah hati; f) bersahabat. Budaya sekolah yang berkembang adalah disiplin, memberi salam dan berjabat tangan, loyalitas, sholat berjamaah, menjaga kebersihan, efisien/menghargai waktu, semangat menjalankan tugas dan belajar, bekerjasama, saling menghormati, saling mengingatkan, kompak, saling percaya, rukun/akrab, bertanggung jawab, membaca, memberi penghargaan, berprestasi, dan profesionalitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:46
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43842

Actions (login required)

View Item View Item