Hubungan Keterlibatan dalam Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan Keterampilan Kerpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa STKIP Weetebula di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Ngongo, Khristoforus Palli (2016) Hubungan Keterlibatan dalam Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan Keterampilan Kerpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa STKIP Weetebula di Kabupaten Sumba Barat Daya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khristoforus-palli-ngongo-14730251015.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara keterlibatan dalam organisasi BEM dengan keterampilan berpikir kritis, (2) untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan dalam organisasi BEM dengan sikap demokratis, dan (3) hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis mahasiswa STKIP Weetebula. Penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Jumlah populasi 30 orang yang menjadi pengurus BEM di STKIP Weetebula. Data diperoleh melalui penyebaran angket pada 30 mahasiswa tentang keterlibatan organisasi dan sikap demokratis, serta angket observasi untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi. Uji hipotesis adalah uji parametric dengan rumus korelasi product moment untuk menguji hubungan antara variabel, yaitu keterlibatan dalam organisasi dengan keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan organisasi BEM dengan keterampilan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < α 0,05). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlibatan organisasi BEM dengan sikap demokratis. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan sikap demokratis. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil analisis tersebut maka keterlibatan mahasiswa STKIP Weetebula dalam organisasi BEM memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Organisasi, Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:03
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43838

Actions (login required)

View Item View Item