EFEKTIVITAS KONSELING REALITASUNTUKMENINGKATKAN PENERIMAAN DIRISISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017

Marizka Adi Winarni, Marizka (2016) EFEKTIVITAS KONSELING REALITASUNTUKMENINGKATKAN PENERIMAAN DIRISISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data yang diperoleh dari skala penerimaan diri siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tempel bahwa terdapat 58,69 % siswa memiliki penerimaan diri rendah. Fenomena ini ditunjukan dengan beberapa sikap seperti suka menyendiri, kurang percaya diri atau minder, tidak bisa menerima kritik dan tidak memiliki keyakinan untuk mampu menjalani kehidupan. Melalui konseling realitas diharapkan dapat meningkatkan penerimaan diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas konseling realitas untuk meningkatkan signifikansi penerimaan diri pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tempel. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian Pre Experimental Design Dengan One-Group Pre Test And Post Test Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tempel. Subyek penelitian ini adalah 10 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tempel yang diambil menggunakan teknik purposive samplingyaitu yang memiliki penerimaan diri rendah dan memenuhi kriteria yaitu suka berpikiran negatif terhadapdiri sendiri, sukar menerima kritik, pendiam dan suka menghindari teman sekelas. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakanConstruct Validity. Reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan analisa Alpha Cronback yang diolah dengan menggunakan bantun SPSS For Window Seri 17.0. Diperoleh koefisien reliabilitassebesar0,889. Analisis data menggunakan teknik analisis data uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan penerimaan diri siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tempel sebelum dan setelah diberikan layanan konseling realitas. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan antara skor sebelum dan setelah treatment. Sebelum treatment menunjukan skor rata-rata sebesar 55,3 dengan kriteria sedang. Setelah diberikan treatment menunjukan rata-rata skor 71,4 dengan kriteria sedang. Perubahannya sebesar 16,1 ditunjukan dengan hal keyakinan menghadapi segala tantangan dalam menghadapi kehidupan meningkat, dalam hal menerima kekurangan yang ada pada dirinya meningkat, dalam hal menerima kritik meningkat dan juga lebih merasa kehadirannya bisa diterima oleh orang lain.Berdasarkan hasil uji hipotesis wilcoxon pada pretest dan posttest menunjukkan taraf signifikasi p = 0,005 < 0,05 hal ini menujukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan akhir dalam penelitian ini adalah konseling realitas efektif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas IX SMP N 1 Tempel. Kata kunci: konseling realitas, penerimaan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43836

Actions (login required)

View Item View Item