Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo

Poniran, Poniran (2010) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-poniran-027325048.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), kepemimpinan kepala sekolah, partisipasi orang tua, dan stakeholders serta keterbukaan manajemen sekolah baik segi dana maupun program dalam implementasi MBS di SD Negeri Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo. Kedua sekolah tersebut dipilih untuk diteliti dengan pertimbangan bahwa kedua sekolah tersebut merupakan sekolah yang banyak diminati masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan bentuk pendekatan ketercapaian tujuan. Subyek penelitian dalam studi ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisinya dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Validasi data yang digunakan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Penelitian ini menghasilkan lima kesimpulan. Pertama, kepemimpinan kepala sekolah SD N Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo sudah optimal. Kedua, orang tua, dan stakeholders di SD Negeri Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo sudah terlibat. Ketiga, keterlibatan orang tua dan stakeholders di SD Negeri Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo sebatas penyampaian ide dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Keempat, dalam pengelolaan program dan pendanaan di SD Negeri Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo sudah transparan. Kelima, keterbukaan program dan dana di SD N Kemiri dan SD Muhammadiyah Purworejo dalam penyusunannya sebatas melibatkan sebagian unsur guru dan sebagian unsur komite kemudian baru disosialisasikan kepada seluruh guru, karyawan, komite, orang tua siswa, dan stakeholders yang terkait. Dalam pelaksanaan program dan dana di kedua sekolah tersebut belum semua unsur mengetahui sepenuhnya karena pelaporan yang rutin hanya ke dinas sedangkan pelaporan yang diketahui umum hanya pada akhir tahun pelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 22 Nov 2016 01:42
Last Modified: 22 Nov 2016 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43832

Actions (login required)

View Item View Item