Peran Komite Sekolah dalam Implementasi Manajemen Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta dan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Hidayat, Nurdin (2010) Peran Komite Sekolah dalam Implementasi Manajemen Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta dan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurdin-hidayat-08703251010.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi mengenai Peran Komite Sekolah di SMKN 4 Yogyakarta dalam implementasi Manajemen Pendidikan, dan (2) memperoleh informasi mengenai Peran Komite Sekolah di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dalam Implementasi Manajemen Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan menggunakan Model Discrepancy. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini mempergunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan antara standar yang berupa indikator kinerja komite sekolah dengan keadaan yang terjadi di objek penelitian. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Pelaksanaan peran Komite Sekolah SMK Negeri 4 Yogyakarta (a) sangat efektif pada perannya sebagai badan pertimbangan, (b) efektif pada perannya sebagai badan pendukung, (c) cukup efektif pada perannya sebagai badan pengontrol, (d) sangat efektif pada perannya sebagai badan penghubung. (2) Pelaksanaan peran Komite Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (a) sangat efektif pada perannya sebagai badan pertimbangan, (b) cukup efektif pada perannya sebagai badan pendukung, (c) cukup efektif pada perannya sebagai badan pengontrol, (d) sangat efektif pada perannya sebagai badan penghubung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komite sekolah, manajemen pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2016 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43831

Actions (login required)

View Item View Item