Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan

Murtiningsih, Murtiningsih (2010) Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-murtiningsih-07703259005.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan mendeskripsikan tingkat keterlaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMPN 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan, (2) mengetahui dan mendeskripsikan ketersediaan input pendidikan yang mendukung keterlaksanaan MPMBS di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan, (3) mengetahui dan mendeskripsikan relevansi program Sekolah Standar Nasional dengan keterlaksanaan MPMBS di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan campuran kualitatif kuantitatif dengan menggunakan model evaluasi Context Input Process Product (CIPP). Populasi penelitian adalah kepala sekolah, 3 guru, 2 karyawan TU, 3 siswa, 1 pengurus komite, masing-masing di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi Hasil penelitian: tingkat keterlaksanaan MPMBS yang mencakup komponen context, input, process, output di SMP Negeri 1 Ngemplak memperoleh nilai 87,5%, di SMP Negeri 4 Kalasan memperoleh nilai 86,8 %. Ketercapaian delapan standar nasional pendidikan, di SMP Negeri 1 Ngemplak adalah: standar isi&standar kelulusan 100%, standar sarana prasarana 85,7%, standar proses 73%, standar tenaga pendidik dan kependidikan 78%, standar pengelolaan 100%, pembiayaan 66%, standar penilaian 100%. Di SMP Negeri 4 Kalasan, tingkat ketercapaian standar isi dan standar kompetensi lulusan 100%, standar sarana prasarana 72,4%, standar proses 73%, standar tenaga pendidik dan kependidikan 66%, standar pengelolaan 100%, standar pembiayaan 100%, standar penilaian 100%. Berdasarkan data nilai ketercapaian yang diperoleh, menunjukkan tingkat keterlaksanaan MPMBS di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan dapat dinyatakan baik. Iput pendidikan yang mendukung keterlaksanaan MPMBS di SMP Negeri 1 Ngemplak antara lain: (1) Kepemimpinan yang kuat, (2) sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana (3) memiliki Visi misi, tujuan yang jelas, (4) memiliki kurikulum yang lengkap. Di SMP Negeri 4 Kalasan: (1) Komitmen yang kuat dari stakeholders (2) ketersediaan dana, (3) sikap kemandirian yang tinggi, (4) memiliki visi misi tujuan sekolah yang jelas. Program SSN di SMP Negeri 1 Ngemplak dan SMP Negeri 4 Kalasan memiliki relevansi baik terhadap implementasi MPMBS. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa program SSN didasarkan pada tercapainya delapan standar nasional pendidikan, sementara MPMBS yang mencakup komponen konteks, input, proses, output juga didasarkan pada ketercapaian delapan standar nasional pendidikan, sehingga pada pelaksanaannya dengan adanya program SSN maka sekolah secara otomatis melaksanakan dan menerapkan prinsip-prinsip MPMBS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2016 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43829

Actions (login required)

View Item View Item