Kultur Sekolah dan Kinerja Siswa SMPN 1 Sleman Yogyakarta

Rahayu, Muji (2010) Kultur Sekolah dan Kinerja Siswa SMPN 1 Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muji-rahayu-07703259015.swf

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan memaknai kultur sekolah di SMP Negeri 1 Sleman dan (2) mendeskripsikan dan memaknai peranan kultur sekolah dalam meningkatkan kinerja siswa SMP Negeri 1 Sleman. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah komponen sekolah SMP Negeri 1 Sleman, yaitu kepala sekolah, siswa dan guru. Sedangkan obyek yang diteliti adalah kultur sekolah yang ada di SMP Negeri 1 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: (1) pengamatan berperan serta (participant observation), (2) wawancara mendalam (indepth interview), dan (3) pengkajian dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis induktif dengan cara: (1) menyatukan ke dalam unit-unit, (2) kategorisasi, dan (3) menguraikan temuan-temuan dalam bentuk laporan penelitian kasus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Deskripsi kultur SMPN 1 Sleman adalah sebagai berikut: a) komponen kultur yang tercermin dalam artifak adalah tampilan fisik dan fasilitas SMPN 1 Sleman seperti perpustakaan, laboratorium, lapangan olah raga, dan perangkat teknologi informasi dan multimedia; b) komponen kultur yang tercermin dalam keyakinan adalah budaya religi, budaya berprestasi dan berkompetisi; c) komponen kultur yang tercermin dalam nilai adalah disiplin dan tertib, budaya kerja keras, budaya keterbukaan, kegemaran membaca, nilai kebersihan dan kenyamanan. (2) Bukti pengaruh kultur sekolah SMPN 1 Sleman terhadap kinerja siswa adalah: a) dalam bidang akademik, rata-rata tingkat ketidakhadiran dan pelanggaran siswa hanya 9,50%, prestasi akademik baik nilai UAN maupun perlombaan akademik di tingkat regional maupun nasional, dan tingkat partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar, pengakuan masyarakat terhadap kinerja sekolah dan kebanggaan jika menjadi siswa SMPN 1 Sleman; b) dalam bidang nonakademik, interaksi sosial, saling menghargai, kesadaran akan kebersihan dan kenyamanan serta berprestasi dalam bidang nonakademik baik regional maupun nasional. (3) Peran kultur sekolah SMPN 1 Sleman adalah: a) dalam bidang akademik, menciptakan karakter siswa yang dapat terus mempertahankan prestasi-prestasi di bidang akademik terutama nilai Ujian Nasional di atas 7,80; b) dalam bidang nonakademik adalah menciptakan karakter siswa yang dapat mempertahankan prestasi-prestasi bidang olah raga dan seni melalui pelaksanaan budaya di SMPN 1 Sleman. Penelitian ini juga menemukan bahwa kultur sekolah SMPN 1 Sleman sudah sesuai dengan kultur sekolah yang harus dikembangkan menurut Departemen Pendidikan Nasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kultur sekolah, kinerja siswa
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2016 00:52
Last Modified: 29 Jan 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43826

Actions (login required)

View Item View Item