LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Novita Dyah Puspitaningtyas, Novita Dyah Puspitaningtyas (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan lapangan yang bertujuan adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik. Selain itu Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan salah satu universitas yang mencetak tenaga pendidik maka membutuhkan suatu kegiatan yang mampu mengimplementasikan salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Usaha pengimplementasikan pengabdian masyarakat tertuang dalam kegiatan PPL.Selain itu PPL, memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan PPL merupakan kegiatan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar sehingga dapat melatih kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMK N 6 Purworejo. Pelakasanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksaaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi rencana pelaksaaan pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksaan PPL dilaksanakan di kelas XI MM dan XII MM secara umum berjalan lancar, setiap minggunya peulis mendapatkan kesempatan tatp muka sebanyak 5 kali, metode yang dilakukannya pun bervariasi, mulai dari metode ceramah, permainan, diskusi kelompok, dan presentasi. Hasil dari pelaksaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK N 6 Purworejo ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Teknik Informatika yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dari pengalaman ini mahasiswa mempunyai saran agar kerjasama dan koordinasi antarpihak sekolah,universitas dan mahasiswa dapat terus terjalin dengan baik dan lebih ditingkatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:53
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43820

Actions (login required)

View Item View Item