LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Mifta Dyah Rosmala, Mifta Dyah Rosmala (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu tugas perkuliahan yang diberikan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan proses pendidikan di perguruan tinggi pada jenjang S1. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu tri darma perguruan tinggi, yaitu pengajaran. Kegiatan PPL merupakan kegiatan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengelolaan sekolah sehingga dapat melatih kompetensi dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Kegiatan PPL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman nyata di dunia pendidikan serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL juga berfungsi sebagai sarana melatih mental dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, melatih penguasaan kelas, dan melatih mahasiswa dalam menyampaikan materi agar dapat dipahami siswa. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMK N 6 Purworejo. Pelakasanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksaaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi rencana pelaksaaan pembelajaran kepada guru pembimbing. Pelaksaan PPL dilaksanakan di kelas XI MM dan XII MM dalam bentuk team teaching. Secara umum pelaksanaan PPL berjalan lancar dan setiap minggunya penulis mendapatkan kesempatan tatap muka sebanyak lima kali, metode pengajaran yang dilakukan bervariasi, mulai dari metode demonstrasi aplikasi, ceramah, permainan, diskusi kelompok, dan presentasi. Hasil dari pelaksaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK N 6 Purworejo memberikan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, pengelolaan kelas, dan manajemen waktu. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Teknik Informatika yang diperoleh di bangku perkuliahan. Kata kunci : ppl uny, smk negeri 6 purworejo, praktik mengajar, siswa, proses pembelajaran

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:50
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43819

Actions (login required)

View Item View Item