ANALISIS KESALAHAN PADA TATARAN SINTAKSIS DAN ORTOGRAFI DALAM TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA ANALISIS KESALAHAN PADA TATARAN SINTAKSIS DAN ORTOGRAFI DALAM TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA ANALISIS KESALAHAN PADA TATARAN SINTAKSIS DAN ORTOGRAFI DALAM TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Aprilianingsih, Nia (2016) ANALISIS KESALAHAN PADA TATARAN SINTAKSIS DAN ORTOGRAFI DALAM TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA ANALISIS KESALAHAN PADA TATARAN SINTAKSIS DAN ORTOGRAFI DALAM TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA ANALISIS KESALAHAN PADA TATARAN SINTAKSIS DAN ORTOGRAFI DALAM TEKS FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pada tataran sintaksis dan ortografi yang ditemukan dalam teks fabel siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta dan mendeskripsikan penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari-Maret 2016. Data yang diambil adalah teks fabel siswa Kelas VIII. Wawancara dengan guru dan siswa dilakukan untuk membantu analisis data dan memperkuat hasil penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis konten dan dilakukan beberapa langkah, yaitu: (1) mengumpulkan data berupa karya siswa, (2) mengidentifikasi kesalahan baik yang mendapat perhatian khusus dengan tujuan tertentu maupun penyimpangan umum, (3) mengelompokkan kesalahan sesuai tataran data jenis kesalahan kebahasaan, (4) menghitung frekuensi kesalahan kebahasaan, dan (5) melakukan perbaikan terhadap kesalahan kebahasaan dalam teks fabel siswa. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan kesalahan pada tataran sintaksis dan ortografi dalam teks fabel. Kesalahan pada tataran sintaksis dibagi menjadi 2, yaitu kesalahan tataran frasa berjumlah 33 dan kesalahan tataran kalimat berjumlah 107. Kesalahan pada tataran ortografi dibagi menjadi 3, yaitu kesalahan penggunaan huruf berjumlah 584, kesalahan penggunaan kata berjumlah 702, dan kesalahan penggunaan tanda baca berjumlah 1.006. Penyebab kesalahan diperoleh dari hasil analisis data dan wawacara dengan guru dan siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penyebab kesalahan tersebut adalah terpengaruh bahasa yang lebih dahulu dikuasai, kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang digunakan, dan pengajaran bahasa yang kurang tepat. Dari wawancara yang dilakukan, penyebab paling dominan adalah kekurangpahaman pemakai bahasa terhadap bahasa yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 23 Nov 2016 08:58
Last Modified: 30 Jan 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43808

Actions (login required)

View Item View Item