PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK ABA PANTISIWI SERUT BANTUL

Laras, Pangestuti (2016) PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK ABA PANTISIWI SERUT BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Laras Pangestuti_12111241039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok A di TK ABA Pantisiwi Serut, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment design (desain eksperimen semu). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK ABA Pantisiwi yang berjumlah 40 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test dan mean post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell pada kelas eksperimen mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA Pantisiwi Bantul. Hal ini dibuktikan dengan hasil mean pre-test dan mean post-test kelompok eksperimen dari 6,63 menjadi 8,47, sedangkan kelompok kontrol dari 6,76 menjadi 7,71. Kenaikan hasil mean yang signifikan pada kelompok eksperimen berarti menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A di TK ABA Pantisiwi Serut Bantul. Kata kunci: metode, show and tell, kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 21 Nov 2016 05:34
Last Modified: 30 Jan 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43803

Actions (login required)

View Item View Item