PENGARUH PEMBERIAN SENYAWA Cr(NO3)3•9H2O TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN STREPTOZOTOCIN-NICOTINAMIDE

Sari, Sita Aninda (2016) PENGARUH PEMBERIAN SENYAWA Cr(NO3)3•9H2O TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIINDUKSI DENGAN STREPTOZOTOCIN-NICOTINAMIDE. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Sita.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Senyawa Cr(III) merupakan salah satu unsur runutan dalam sistem biologis yang berperan dalam metabolisme glukosa. Kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah penderita diabetes masih perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senyawa Cr(NO3)3∙9H2O terhadap kadar glukosa darah tikus yang diinduksi dengan streptozotocin-nicotinamide. Induksi streptozotocinnicotinamide dilakukan untuk membuat hewan uji dalam keadaan hiperglikemia (menderita diabetes) yang menyerupai gejala diabetes mellitus tipe 2. Uji pre-klinis senyawa Cr(NO3)3∙9H2O dilakukan secara in vivo menggunakan 20 ekor tikus Wistar jantan dan dibagi menjadi 5 kelompok uji. Kelompok I-IV diinduksi dengan streptozotocin-nicotinamide. Kelompok I merupakan kontrol perlakuan yang diberi bahan uji berupa senyawa Cr(NO3)3∙9H2O sebanyak 1 mL/hari yang mengandung Cr(III) sebesar 200 μg. CrPic diberikan pada kelompok II dan glibenklamid diberikan pada kelompok III sebagai kontrol positif. Na-CMC diberikan pada kelompok IV sebagai kelompok kontrol DM dan kelompok V sebagai kontrol negatif. Bahan uji diberikan sebanyak 1 mL/hari selama 8 minggu stelah induksi streptozotocin-nicotinamide. Hasil pemeriksaan kadar glukosa darah kelompok I-IV setelah induksi menunjukkan tikus dalam keadaan hiperglikemia (KGD>126 mg/dL). Pemberian senyawa Cr(NO3)3∙9H2O pada kelompok I selama 8 minggu menunjukkan terjadinya penurunan kadar glukosa darah hingga berada dalam rentang normal (KGD<100 mg/dL). Senyawa Cr(NO3)3∙9H2O memiliki aktivitas antihiperglikemia sebesar 41,81% GL (glucose lowering).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Nov 2016 05:28
Last Modified: 30 Jan 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43802

Actions (login required)

View Item View Item