EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Kurniawati, Latifa Felani (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Latifa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui; (1) perbedaan motivasi peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis scientific approach, (2) perbedaan motivasi peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis scientific approach dengan peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis scientific approach, (3) perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis scientific approach, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas X MIPA MAN Yogyakarta III semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 147 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk penelitian berjumlah 59 peserta didik, yang terdiri dari 29 peserta didik pada kelas eksperimen dan 30 peserta didik pada kelas kontrol. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji anakova satu jalur. Hasil uji t-sama subjek diperoleh harga t0=-5,072 dan p=0,000 (p<0,05), berarti Uji t-beda subjek menghasilkan harga t0=3,662 dan p=0,001 (p<0,05). Melalui analisis kovarian satu jalur dan regresi diperoleh harga rxy2 = 0,42 sehingga harga sumbangan efektifnya sebesar 42%. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis scientific approach, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Dec 2016 05:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43798

Actions (login required)

View Item View Item