Pengaruh Latihan Weight Training, Pliometrik dan Panjang Tungkai Terhadap Keterampilan Tendangan Sabit Pada Pesilat Tapak Suci Kabupaten Klaten Tahun 2016.

Mahardika, Nanda Alfian (2016) Pengaruh Latihan Weight Training, Pliometrik dan Panjang Tungkai Terhadap Keterampilan Tendangan Sabit Pada Pesilat Tapak Suci Kabupaten Klaten Tahun 2016. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nanda-alfian-mahardika-14711251053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) perbedaan pengaruh metode latihan weight training dan pliometrik, (2) perbedaan pengaruh panjang dan pendeknya tungkai, (3) interaksi antara metode latihan weight training, pliometrik dan panjang tungkai (panjang dan pendek) terhadap keterampilan tendangan sabit pada pesilat tapak suci Kabupaten Klaten tahun 2016. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah 37 pesilat tapak suci Kabupaten Klaten tahun 2016. Sampel penelitian ini adalah 20 sampel pesilat tapak suci Kabupaten Klaten tahun 2016, yang ditentukan dengan teknik formula 27% atas dan 27% bawah.. Instrumen untuk mengukur keterampilan tendangan sabit menggunakan tes keterampilan tendangan sabit dari Johansyah Lubis. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan weight training, pliometrik dan panjang tungkai terhadap keterampilan tendangan sabit pada pesilat tapak suci Kabupaten Klaten, yang terbukti dari nilai p < 0,05. Metode latihan pliometrik lebih baik dibandingkan dengan metode latihan weight training. (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan panjang dan pendeknya tungkai terhadap keterampilan tendangan sabit pada pesilat Tapak Suci kabupaten klaten, yang terbukti dari nilai p < 0,05. Pesilat yang tungkai panjang lebih baik dibandingan pesilat yang tungkai pendek. (3) ada interaksi yang signifikan antara metode latihan weight training, pliometrik dan panjang tungkai (panjang dan pendek) terhadap keterampilan tendangan sabit pada pesilat tapak suci Kabupaten Klaten, yang terbukti dari nilai p < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: weight training, pliometrik, panjang tungkai, keterampilan tendangan sabit.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Nov 2016 02:29
Last Modified: 17 Jan 2022 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43794

Actions (login required)

View Item View Item