Purnama, Pratama Wahyu and Retnowati, Endah (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KESEBANGUNAN DALAM GOAL FREE PROBLEMS SECARA KOLABORATIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN TRANSFER. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (390kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (96kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
Pendahuluan.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Geometry (kesebangunan) adalah materi pembelajaran matematika yang melatih siswa untuk menyelidiki unsur-unsur yang sebangun dari beberapa bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis apakah: (1) goal free problems efektif untuk materi kesebangunan; (2) strategi kolaboratif efektif untuk materi kesebangunan; (3) goal free problems yang dipelajari secara kolaboratif efektif untuk materi kesebangunan. Efektivitas ketiga hipotesis ini ditinjau dari kemampuan transfer dan muatan kognitif. Hipotesis ini diuji melalui kuasi eksperimen desain dua jalur: 2 teknik penyajian masalah materi kesebangunan (goal free problems vs. goal given problems) x 2 strategi pembelajaran (kolaboratif vs. individual), sehingga terbentuk empat kelompok eksperimen. Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan transfer dan muatan kognitif. Penelitian ini terdiri dari empat fase yang dilaksanakan secara berturut-turut, yaitu pengaktifan pengetahuan prasyarat, pembelajaran, near transfer test, dan far transfer test. Partisipan penelitian berjumlah 136 siswa kelas VIII dari empat kelas di sebuah SMP Negeri di Yogyakarta, Indonesia, yang secara acak masing-masing diberikan satu perlakuan. Materi kesebangunan adalah materi yang baru bagi siswa. Hasil penelitian mendukung hipotesis pertama yakni materi kesebangunan yang disajikan dalam goal free problems efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil skor near transfer dan far transfer siswa dalam kelompok goal free problems lebih tinggi secara signifikan daripada skor siswa dalam kelompok goal given problems. Siswa yang menggunakan goal free problems juga mengalami muatan kognitif yang lebih rendah secara signifikan pada fase pembelajaran, near transfer, dan far transfer daripada siswa dalam kelompok goal given problems. Namun, hipotesis kedua dan ketiga tidak didukung oleh data hasil penelitian. Kata kunci: matematika, kesebangunan, goal free problems, transfer, muatan kognitif, kolaboratif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 23 Nov 2016 07:18 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |