Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif STAD disertai Strategi Concept Mapping terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Regulasi pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Yogyakarta

Alamsyah, Muhammad Radian Nur (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif STAD disertai Strategi Concept Mapping terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Regulasi pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-radian-nur-alamsyah-14725251021.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) model Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan strategi Concept Mapping (CM) terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep materi sistem regulasi siswa kelas XI di SMA N 10 Yogyakarta dan (2) kombinasi model STAD dengan strategi Concept Mapping (STAD+CM) terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sistem regulasi di SMA N 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu dengan Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 10 Yogyakarta yang berjumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi yang terbagi dalam 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas 30 siswa. Kelas eksperimen terdiri dari kelas STAD+CM, kelas STAD, dan kelas CM. Kelas kontrol merupakan kelas dengan model Konvensional. Pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan angket motivasi belajar skala Likert. Pengumpulan data pemahaman konsep siswa menggunakan tes pilihan ganda. Data penelitian ini dianalisis menggunakan ANOVA dan uji lanjut Dunnet, dan data yang tidak memenuhi asumsi parametrik dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis dan uji lanjut Mann-Withney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model STAD berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep materi sistem regulasi siswa kelas XI di SMA N 10 Yogyakarta, (2) strategi CM tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep materi sistem regulasi siswa kelas XI di SMA N 10 Yogyakarta, dan (3) kombinasi model STAD dengan strategi CM berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sistem regulasi di SMA N 10 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STAD, Concept Mapping, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, Sistem Regulasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2016 03:12
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43779

Actions (login required)

View Item View Item