PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARTU “KEJUJURAN” UNTUK SISWA KELAS 2 SD 1 PATALAN JETIS BANTUL

Ihfani, Latif (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARTU “KEJUJURAN” UNTUK SISWA KELAS 2 SD 1 PATALAN JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Latif Ihfani_12105241017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Alat Permainan Edukatif (APE) kartu “kejujuran” yang layak untuk untuk siswa kelas dua SD 1 Patalan Jetis Bantul. Media ini diharapkan mampu menjadi media penunjang pendidikan karakter terutama sikap kejujuran dalam kehidupan sehari-hari Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan modifikasi model Borg & Gall dan Dick & Carey. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada delapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan, (4) uji coba awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk utama; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua SD 1 Patalan Jetis Bantul. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, pengamatan, dan angket. Hasil penelitian ini adalah Alat Permainan Edukatif (APE) kartu “kejujuran” untuk siswa kelas dua SD 1 Patalan Jetis Bantul yang layak digunakan sebagai media penunjang pendidikan karakter terutama sikap kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Kelayakan media dibuktikan dengan hasil uji validasi materi (4, 3) dan uji validasi ahli media (3, 95). Penilaian kelayakan media juga diperkuat dengan hasil uji coba lapangan awal melibatkan 5 siswa. Hasil uji coba lapangan awal diperoleh persentase sebesar 85,7% sehingga memenuhi kriteria layak. Uji lapangan utama melibatkan 10 siswa diperoleh presentase 82,85%, sedangkan hasil uji coba operasional melibatkan 21 siswa dan memperoleh presentase 85,7%. Selain itu, siswa mengalami perkembangan pengetahuan tentang apa itu kejujuran setelah menggunakan kartu “Kejujuran” dengan skor akhir 85,7% dengan skor sebelum menggunakan Kartu “Kejujuran” hanya 59%. Hasil keseluruhan penilaian uji coba Alat Permainan Edukatif (APE) kartu “kejujuran” ini layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai kejujuran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Nov 2016 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43777

Actions (login required)

View Item View Item