PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INSTRUKSIONAL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Larasti, Iga Linggar (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INSTRUKSIONAL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Iga Linggar Larasti_12105241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video instruksional pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar Teknologi Pendidikan dalam pembelajaran model dan desain sistem pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama, uji coba pelaksanaan operasional, penyempurnaan produk akhir. Sebelum produk diujicobakan ke mahasiswa Teknologi Pendidikan, produk melalui tahap uji validasi ke ahli materi dan ahli media instruksional. Produk dinyatakan layak dinilai dari hasil tiga kali uji coba dan hasil penilaian ahli materi dan ahli media instruksional. Meningkatnya motivasi mahasiswa dapat dilihat dari hasil pre-tes dan post-tes yang telah dilakukan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan angket. Angket menggunakan skala Likert model lima pilihan. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa media video pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) yang telah dikembangkan layak untuk digunakan. Kelayakan didukung dengan perolehan nilai oleh ahli materi dengan skor rata-rata 4 yang termasuk dalam kategori layak, perolehan nilai oleh ahli media instruksional dengan skor rata-rata 4,47 yang termasuk dalam kategori layak, uji coba lapangan awal mendapat skor rata-rata 3,65 termasuk dalam kategori layak, uji coba lapangan utama mendapat skor rata-rata 4,11 termasuk dalam kategori layak, dan uji coba lapangan operasional mendapat skor rata-rata 4,38 termasuk dalam kategori layak. Motivasi mahasiswa meningkat sejalan dengan meningkatnya hasil pre-tes dan post-tes. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video instruksional pembelajaran kooperaatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) layak digunakan sebagai sumber belajar dan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43776

Actions (login required)

View Item View Item