PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAJAAN BUDHA DAN PENINGGALANNYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WOJO BANTUL YOGYAKARTA

Asih, Amalia (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAJAAN BUDHA DAN PENINGGALANNYA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WOJO BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Amalia Asih_12105244043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran materi Kerajaan Budha dan Peninggalannya di Indonesia yang layak bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan, format produk awal yang didalamnya meliputi validasi ahli materi dan validasi ahli media, uji coba awal, merevisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba lapangan, uji lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wojo Bantul Yogyakarta, dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu uji coba awal dengan 4 subjek, uji coba lapangan dengan 8 subjek, dan uji lapangan dengan 12 subjek. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Pembelajaran IPS Materi Kerajaan Budha dan Peninggalannya di Indonesia yang telah dikembangkan melalui serangkaian uji coba serta validasi ahli dinyatakan layak. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil peneliain ahli materi memperoleh nilai 4,29 (Layak), hasil penilaian ahli media memperoleh nilai 4.12 (Layak). Kemudian hasil Uji coba awal memperoleh nilai 0,96 (Layak), hasil uji coba lapangan memperoleh nilai 1 (Layak), dan hasil uji lapangan mendapat nilai 1 (Layak). Dengan demikian, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas V SD Negeri Wojo Bantul Yogyakarta, dengan materi Kerajaan Budha dan Peninggalannya di Indonesia sudah layak digunakan oleh siswa SD Negeri Wojo Bantul Yogyakarta sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43774

Actions (login required)

View Item View Item