PENGEMBANGAN MIND MAPPING BOOK UNTUK MATA PELAJARAN SOSIOLOGI BAGI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Susanto, Rahmi Rosyidah (2016) PENGEMBANGAN MIND MAPPING BOOK UNTUK MATA PELAJARAN SOSIOLOGI BAGI SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
RAHMI_ROSYIDAH_11105244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Mind Mapping Book yang layak bagi siswa kelas XI IPS dalam mata pelajaran Sosiologi pada pokok bahasan Integrasi Sosial, dan (2) untuk mengetahui efektivitas produk media pembelajaran Mind Mapping Book untuk pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model Borg & Gall yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran, termasuk media pembelajaran dengan modifikasi menjadi sembilan tahapan, yaitu: (1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji lapangan, dan (9) revisi produk akhir. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS MAN 1 Yogyakarta dengan jumlah 5 siswa untuk uji coba awal, 15 siswa untuk uji coba lapangan, dan 30 siswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan terdapat dua poin, yaitu (1) penelitian menghasilkan media pembelajaran Mind Mapping Book yang layak untuk pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI SMA/MA dengan materi Integrasi Sosial yang dibuktikan dengan hasil validasi media dengan skor (4,51) dan validasi materi dengan skor (4,2). Kelayakan juga diperkuat dengan hasil uji coba awal dengan skor (4,3), uji coba lapangan dengan skor (4,2) dan uji lapangan dengan skor (4,64). (2) Produk media pembelajaran Mind Mapping Book dinilai efektif untuk pelajaran Sosiologi bagi siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan tes awal dan tes akhir dari kelas Uji Efektivitas, yaitu kelas XI IPS 3 MAN 1 Yogyakarta. Dari hasil data tersebut, diperoleh thitung sebesar -2,379 dengan df = 31 dan p sebesar 0,024 pada taraf kesalahan 0,05 (5%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43773

Actions (login required)

View Item View Item