Perbandingan Keefektifan Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik dengan Linear Note Taking Style Dan Non Linear Note Taking Style ditinjau dari Prestasi Belajar, Komunikasi Matematis Dan Self-efficacy Siswa.

Iman, Nurul (2016) Perbandingan Keefektifan Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik dengan Linear Note Taking Style Dan Non Linear Note Taking Style ditinjau dari Prestasi Belajar, Komunikasi Matematis Dan Self-efficacy Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-iman-14709251027.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbandingan keefektifan metode pembelajaran matematika berbasis saintifik dengan metode linear note taking style dan non linear note taking style terhadap prestasi belajar, komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretets – posttest nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri 10 kelas. Kemudian dipilih secara acak dari kesepuluh kelas tersebut, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIE dan VIIIB sebagai kelas eksperimen. Dari kedua kelas tersebut dipilih secara acak untuk menentukan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan, sehingga diperoleh kelas VIIIE diberi perlakuan dengan metode saintifik yang disintesiskan dengan linear note taking style, sedangkan kelas VIIIB diberi perlakuan dengan metode saintifik yang disintesiskan dengan non linear note taking style. Adapun linear note taking style yang digunakan adalah cornell notes (CN), sedangkan non linear note taking style yang digunakan adalah mind maps (MM). Masing-masing kelas terdiri dari 33 orang siswa. Dari kedua kelas tersebut diberi instrument pretest dan posttest tentang prestasi belajar, komunikasi matematis dan angket self-efficacy siswa. Untuk menguji keefektifan pembelajaran menggunakan uji paired sample t test hasil dari pretest dan posttest pada masing-masing variabel dependen di tiap kelas. Untuk menguji perbedaan keefektifan menggunakan uji MANOVA (multivariate tests), untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif menggunakan uji independent sample t-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Metode saintifik dengan linear note taking style efektif jika ditinjau dari prestasi belajar dan komunikasi matematis, namun kurang efektif untuk self-efficacy siswa, sedangkan metode saintifik dengan non linear note taking style efektif jika ditinjau dari prestasi belajar dan self-efficacy siswa, namun kurang efektif untuk komunikasi matematis. 2) Terdapat perbedaan keefektifan antara metode saintifik dengan metode linear note taking style dan non linear note taking style ditinjau dari prestasi belajar, komunikasi matematis dan self-efficacy siswa. 3) Metode Saintifik dengan menggunakan linear note taking style (cornell notes) lebih efektif jika ditinjau dari prestasi belajar dan komunikasi matematis, sedangkan metode Saintifik dengan menggunakan non linear note taking style (mind maps) lebih efektif jika ditinjau dari self-efficacy siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran matematika berbasis saintifik, linear note taking style, non linear note taking style, prestasi belajar, komunikasi matematis, self-efficacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:38
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43736

Actions (login required)

View Item View Item