Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Program IPS pada Materi Aljabar dengan Pendekatan Brain-Based Learning (BBL) Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis dan Sikap Kritis Siswa.

Zakarsyi, Chairun Nisa (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA Program IPS pada Materi Aljabar dengan Pendekatan Brain-Based Learning (BBL) Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis dan Sikap Kritis Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chairun-nisa-zarkasyi-14709251083.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMA program IPS pada materi aljabar dengan pendekatan Brain-Based Learning (BBL) ditinjau dari kemampuan koneksi matematis dan sikap kritis siswa yang berkualitas baik, berdasarkan aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Proses pengembangan melibatkan tiga validator. Implementasi dilakukan pada 32 siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Gamping. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kevalidan, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan koneksi matematis, dan angket sikap kritis siswa. Analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dilakukan dengan mengkonversi skor aktual menjadi data kualitatif. Pendekatan BBL adalah pendekatan pembelajaran yang diselaraskan dengan cara otak yang didesain secara alamiah untuk belajar. Strategi pembelajaran dengan pendekatan BBL adalah dengan menciptakan lingkungan belajar yang menantang kemampuan berpikir siswa, menyenangkan, dan pembelajaran yang aktif serta bermakna bagi siswa yang memperhatikan emosi siswa. Efektivitas belajar sangat ditentukan oleh suasana emosi. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMA program IPS pada materi aljabar dengan pendekatan Brain-Based Learning (BBL) yang berupa RPP dan LKS. Kualitas kevalidan berdasarkan penilaian validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor untuk RPP dan LKS berturut turut 185,33 (sangat baik) dan 125,67 (sangat baik). Kualitas kepraktisan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan skor berdasarkan penilaian guru, penilaian siswa, dan persentase keterlaksanaan pembelajaran berturut turut 75 (sangat baik), 36,22 (baik), dan 94% (sangat baik). Kualitas keefektifan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif dengan rata-rata persentase ketuntasan tes kemampuan koneksi matematis sebesar 73% (baik) dan rata-rata skor angket sikap kritis siswa sebesar 96,88 (baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pendekatan Brain-Based Learning, aljabar, kemampuan koneksi matematis, sikap kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:06
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43733

Actions (login required)

View Item View Item