Keefektifan Peran Dewan Sekolah di SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek

Zainudin, Muhammad (2010) Keefektifan Peran Dewan Sekolah di SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-zainudin-01735186.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran dewan sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) dalam pengembangan sekolah; 2) peran dewan sekolah sebagai pendukung (support agency) pelaksanaan pendidikan di sekolah; 3) peran dewan sekolah sebagai pengontrol (controlling agency) dalam pengendalian pendidikan di sekolah; dan 4) peran dewan sekolah sebagai mediator antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Model evaluasi program yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Goal Attainment oleh Tyler. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, dewan sekolah, guru, orang tua siswa, tokoh masyarakat dan siswa. Data dikumpulkan melalui pengamatan berpartisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan cara reduksi, display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Efektifitas peran dewan sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) menurut pandangan guru SMA Negeri 1 Bantul termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan efektifitas peran dewan sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) menurut pendapat guru SMA Negeri 1 Kretek berada dalam kategori cukup efektif. Efektifitas peran dewan sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) menurut pandangan orang tua siswa SMA Negeri 1 Bantul termasuk dalam kategori cukup efektif. Menurut pandangan orangtua siswa SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek, efektifitas peran dewan sekolah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) termasuk dalam kategori cukup efektif.; (2) Efektifitas peran dewan sekolah sebagai pendukung (Support Agency) menurut pandangan guru SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek termasuk dalam kategori efektif sekali. Peran dewan sekolah sebagai pendukung (Support Agency) menurut pandangan orang tua siswa SMA Negeri 1 Bantul termasuk dalam kategori efektif, sedangkan menurut pandangan orang tua siswa SMA Negeri 1 Kretek termasuk dalam kategori cukup efektif; (3) Efektifitas peran dewan sekolah sebagai pengontrol menurut pandangan guru SMA Negeri 1 Bantul termasuk dalam ketegori efektif sekali. Sedangkan menurut pandangan guru SMA Negeri 1 Kretek termasuk kategori efektif. Peran dewan sekolah sebagai pengontrol (controlling agency) menurut pandangan orang tua siswa SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek termasuk dalam kategori efektif; (4) Efektifitas peran dewan sekolah sebagai mediator (mediation agency) menurut pandangan guru SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek termasuk dalam kategori efektif sekali. Peran dewan sekolah sebagai mediator (mediation agency) menurut pandangan orang tua siswa SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 1 Kretek termasuk dalam kategori efektif sekali. (5) Efektifitas kewenangan dewan sekolah menurut pandangan guru dan orangtua siswa termasuk dalam kategori cukup efektif; dan (6) efektifitas fungsi dewan sekolah menurut pandangan guru dan orangtua siswa termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, dewan sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43718

Actions (login required)

View Item View Item