Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus SMA Berbasis Problem-Based Learning dalam Setting Kooperatif Tipe STAD Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat terhadap Matematika.

Natsir, Siti Rahmalia (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus SMA Berbasis Problem-Based Learning dalam Setting Kooperatif Tipe STAD Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat terhadap Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmalia-natsir-14709251032.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Kalkulus SMA berbasis Problem-Based Learning dalam setting kooperatif tipe STAD berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah dan minat terhadap matematika yang berkualitas baik, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah kalkulus SMA yaitu turunan pada kelas XI dan integral pada kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Plomp. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi: preliminary research (penelitian pendahuluan), prototyping phase (tahap pengembangan produk awal), dan assessment phase (tahap penilian). Uji coba dilaksanakan dua tahap, yaitu uji coba/validasi ahli dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baubau kelas XI IPA 8 dan XI IPA 9. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian oleh guru, lembar penilaian oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket minat belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi skor total aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis problem-based learning dalam setting kooperatif tipe STAD berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari RPP dan LKS. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru dan observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta kategori baik berdasarkan penilaian siswa. Perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar matematika. Secara klasikal peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 91% dengan rata-rata mencapai 79,01. Sementara peningkatan presentase banyaknya siswa yang berada pada minimal kategori “tinggi” berdasarkan angket minat belajar matematika mencapai 98%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, problem-based learning dalam setting kooperatif tipe STAD, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar matematika.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:00
Last Modified: 09 May 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43716

Actions (login required)

View Item View Item