Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kendala yang Dihadapi Pengelola Madrasah Aliyah Nahdatul Wathan (NW) Pancor Lombok Timur

Taufiq, Muh. (2010) Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kendala yang Dihadapi Pengelola Madrasah Aliyah Nahdatul Wathan (NW) Pancor Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muh-taufiq-04703251036.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan pengelola Madrasah dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi (KBK), (2) pelaksanaan KBK pada pembelajaran, (3) berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan KBK di Madrasah Aliyah NW Pancor serta upaya yang dilakukan untuk menaggulanginya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Analisis data dilakukan dengan model dari Miles & Huberman yang mencakup kegiatan-kegiatan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah pelaksana kurikulum yaitu kepala Madrasah, guru, staf administrasi dan petugas perpustakaan dan objeknya adalah terkait dengan substansi kurikulum yang dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala Madrasah berupaya mensosialisasikan KBK dengan cara; mengirim guru-guru mengikuti workshop, seminar, dan pelatihan KBK lainnya serta sosialisasi dilakukan pada saat MOS, rapat guru dan komite sekolah. Dalam implementasi kurikulum, kepala Madrasah dibantu oleh wakamad kurikulum, staf administrasi, dan para guru. Semuanya berupaya menjalankan kewajiban sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Walaupun demikian, masih ada guru yang belum menjalankan KBK sesuai dengan pedoman yang ada. Karena itu tidak mengherankan apabila prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Nahdatul Wathan Pancor belum mengalami perubahan yang signifikan. (2) Persiapan pembelajaran dilakukan guru dengan membuat silabus dan ringkasan yang dibagikan kepada siswa. Proses pembelajaran menekankan pada prinsip memotivasi siswa dengan berbagai metode seperti ceramah, penugasan, diskusi, permainan, praktek, dan pembiasaan. Sistem penilaian pembelajaran sudah sesuai dengan prinsip KBK mencakup aspek kognitif, afektif dan psiomotor, meskipun belum berjalan secara optimal. (3) Faktor penghambat implementasi KBK di Madarasah Aliyah NW Pancor yaitu: kurang disiplinnya guru dalam persiapan pembelajaran sehingga berdampak pada proses dan penilaian pembelajaran, banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas, minimnya koleksi buku-buku materi ajar dan minimnya anggaran Madrasah. Upaya-upaya yang dilakukan kepala Madrasah adalah dengan supervisi secara intensif melalui pertemuan, diskusi, baik secara formal maupun informal agar guru lebih menyadari tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik, penambahan ruang kelas, dan menjalin kerjasama dengan para alumni dan berbagai instansi terkait yang mempunyai kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, kurikulum berbasis kompetensi, kendala
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2016 00:49
Last Modified: 29 Jan 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43712

Actions (login required)

View Item View Item