PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH YANG BERORIENTASIKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN

Laksitasari, Brigita Diny and Lestari, Himmawati Puji (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MASALAH YANG BERORIENTASIKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan LKS berbasis masalah yang berorientasikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VII pada materi himpunan. (2) Mengetahui kualitas LKS berbasis masalah yang berorientasikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VII pada materi himpunan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (define, design, develop, disseminate). Pada tahap define, peneliti melakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design, peneliti menyusun tes acuan patokan, memilih media pembelajaran, format LKS, dan simulasi. Pada tahap develop, peneliti membuat draft LKS, melakukan validasi & revisi, serta uji coba terbatas pada 31 siswa kelas VII-10 SMP Negeri 8 Yogyakarta. Pada tahap disseminate, peneliti melakukan penyebarluasan LKS secara online yang dapat diunduh pada www.brigitadiny.blogspot.co.id. Penelitian ini menghasilkan LKS yang berjudul LKS Berbasis Masalah pada Materi Himpunan untuk Siswa SMP Kelas VII. LKS ini berisi 6 subbab materi yaitu: Pengertian Himpunan, Penyajian Himpunan, Himpunan Semesta & Diagram Venn, Himpunan Kosong & Kardinalitas Himpunan, Relasi Himpunan, dan Operasi Himpunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan penilaian LKS oleh ahli materi & media, diperoleh hasil bahwa LKS yang dikembangkan tergolong valid dengan rata-rata skor 3,27 dari skor maksimal 4 dengan kategori baik. (2) Berdasarkan penilaian LKS oleh siswa, diperoleh hasil bahwa LKS yang dikembangkan tergolong praktis dengan rata-rata skor 0,93 dari skor maksimal 1 dengan kategori sangat baik. (3) Berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan tergolong efektif digunakan dalam pembelajaran dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 62% dengan kategori baik. Kata kunci: LKS, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Penalaran Matematis, Himpunan, Model 4-D

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:16
Last Modified: 30 Jan 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43709

Actions (login required)

View Item View Item