[Ringkasan Skripsi] Pengaruh Pertanian Tembakau Rakyat Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 1970-1997

Rahmawati, Eni (2016) [Ringkasan Skripsi] Pengaruh Pertanian Tembakau Rakyat Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 1970-1997. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan Skripsi 12407141012.swf

Download (330kB)

Abstract

Pertanian tembakau rakyat merupakan salah satu sektor yang berkembang pesat sejak modernisasi teknologi di Indonesia tahun 1970. Tembakau sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak masa tanam paksa dan mulai dikembangkan sebagai salah satu komoditi unggulan. Setelah tahun 1970 yang ditandai dengan munculnya gudang-gudang perwakilan dari industri rokok kretek, perkembangan pertanian tembakau rakyat semakin meluas. Salah satu daerah yang mengalami perkembangan pertanian tembakau rakyat adalah Temanggung, khususnya Kecamatan Ngadirejo. Luas lahan yang dimiliki pertanian tembakau rakyat serta produksi tembakau meningkat tajam antara tahun 1970-1997. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertanian tembakau rakyat terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat di wilayah Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung tahun 1970-1997. Penelitian ini menggunakan metode sejarah kritis. Tahap penelitian yang dilakukan, pertama, heuristik yang merupakan tahap pengumpulan data atau sumber-sumber sejarah yang relevan. Kedua, kritik sumber, merupakan tahap pengkajian terhadap otentitas dan kredibilitas sumber-sumber yang telah diperoleh yaitu dari segi fisik maupun isi sumber. Ketiga, interpretasi yaitu penafsiran terhadap data-data yang diperoleh sehingga menjadi fakta-fakta baru yang lebih bermakna. Keempat, historiografi atau penulisan yaitu penyampaian sintetis dalam bentuk karya sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode tahun 1970-1997, di wilayah Kecamatan Ngadirejo telah terjadi peningkatan luas lahan pertanian tembakau rakyat serta meningkatnya produksi mengalami pasang surut. Peningkatan produksi tembakau rakyat tertinggi terjadi pada tahun 1994 yaitu sebesar 14.341 kw, dengan luas pertanian tembakau rakyat sebesar 2.440 ha. Kemajuan pertanian tembakau rakyat di Kecamatan Ngadirejo juga berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi, diantaranya munculnya lapangan pekerjaan yang menyerap tenaga kerja berasal dari wilayah sekitar maupun yang berasal dari wilayah lain dan pendapatan masyarakat yang semakin meningkat. Selain itu, pertanian tembakau rakyat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Hal ini tergantung pada perkembangan harga yang diterima para petani dari konsumennya, baik industri rokok maupun para eksportir tembakau. Kata Kunci: Tembakau Rakyat, Sosial Ekonomi, Kecamatan Ngadirejo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Nov 2016 00:02
Last Modified: 30 Jan 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43695

Actions (login required)

View Item View Item