LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

NOBI SUKARYA, NOBI SUKARYA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)
[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah utnuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memeperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA Negeri 8 Purworejodilaksanakan pada tanggal 14 Juli sampai 17September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 8 Purworejomeliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, Silabus serta perangkat Evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket UKS, piket perpustakaan, dan lain-lain. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA Negeri 8 Purworejopada bulan Juli-September dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan kesempatan yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapatkan dari kampus.Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependididkan yang kompeten dalam bidang masing-masing.Praktik pengalaman lapangan merupakan pengembangan vi dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Nov 2016 23:55
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43692

Actions (login required)

View Item View Item