STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI BRAINWRITING DAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL DALAMPEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL

Arya Ferismanda, Berliyan (2016) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI BRAINWRITING DAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL DALAMPEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS X SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Berliyan A.F. 12201244020 PBSI FBS UNY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi Brainwriting dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi Double Entry Journal pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Kedua, untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi Brainwriting dan pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi Double Entry Journal pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan penelitian ini adalah desain eksperimen dengan menggunakan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas X-5 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas X-1 sebagai kelompok Eksperimen 2. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretes dan postes. Validitas instrumen berupa expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 22.0 menunjukkan data pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik dua kesimpulan. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis cerpen siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Brainwriting dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Double Entry Journal pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Perbedaan tersebut dilihat dari hasil uji-t postes kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2 diperoleh t sebesar 2,074 dan df 62 serta P sebesar 0,042. Nilai P lebih kecil dari 0,05 (P < 0,05 = signifikan). Kedua, pembelajaran menulis cerpen yang menggunakan strategi Brainwriting lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis cerpen yang menggunakan strategi Double Entry Journal pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul, dibuktikan dengan gain score kelompok eksperimen 1 sebesar 7,8125, lebih besar dibandingkan gain score kelompok eksperimen 2 sebesar 6,09375.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:38
Last Modified: 30 Jan 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43688

Actions (login required)

View Item View Item