PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERUPA ANDROID MOBILE GAME UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGI EMPAT

Hastuti, Nuraida Lutfi (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDUTAINMENT BERUPA ANDROID MOBILE GAME UNTUK SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI SEGI EMPAT. S1 thesis, UNY.

[img] Text
A COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu media pembelajaran matematika berbasis edutainment berupa Android mobile game untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat, mengetahui kualitas media pembelajaran, dan minat belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media pembelajaran yang diberikan kepada dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru serta angket minat belajar untuk siswa. Media pembelajaran divalidasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Dosen ahli materi dan dosen ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran layak diimplementasikan dengan perbaikan. Selanjutnya, implementasi dilakukan kepada 31 siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Depok, Sleman. Setelah tahap implementasi, didapatkan hasil penilaian kualitas media pembelajaran dinilai dari aspek kualitas isi dan tujuan adalah 4.543 dengan kriteria sangat baik, aspek kualitas instruksional adalah 4.592 dengan kriteria sangat baik, dan aspek kualitas teknis adalah 4.2 dengan kriteria sangat baik. Kualitas media pembelajaran dinilai dari keseluruhan aspek adalah 4.445 dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Selain itu, didapatkan hasil angket minat belajar siswa ditinjau dari aspek kesenangan adalah 3.38 dengan kriteria baik, aspek ketertarikan adalah 3.26 dengan kriteria baik, aspek kepuasan adalah 3.34 dengan kriteria baik, aspek motivasi adalah 3.39 dengan kriteria baik, aspek keinginan adalah 3.45 dengan kriteria sangat baik, dan aspek keingintahuan adalah 3.3 dengan kriteria baik. Keseluruhan aspek minat belajar siswa adalah 3.35 dan termasuk dalam kriteria baik. Kata kunci: media pembelajaran matematika, edutainment, android, mobile game, segi empat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 21 Nov 2016 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43677

Actions (login required)

View Item View Item