PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI SISWA KELAS X TP A SMK N 2 DEPOK

Mulyanto, Septa Agus (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI SISWA KELAS X TP A SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Agus Septa Mulyanto 12503241030.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui bagaimana cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran KMKE siswa kelas X TP A SMK N 2 Depok. 2) Meningkatkan keaktifan siswa. 3) Meningkatkan kerja sama siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TP A sebanyak 32 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bentuk model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang diterapkan pada mata pelajaran KMKE yakni (a) Perumusan masalah (aspek keaktifan dan kerja sama siswa belum optimal); (b) Perencanaan penyelesaian masalah; (c) Memberikan kriteria keberhasilan; (d) Perencanaan pembelajaran; (e) Pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran NHT yaitu orientasi, apersepsi, motivasi, penjelasan materi secara singkat, pembentukan delapan kelompok yang beranggotakan empat siswa, penomoran anggota kelompok (numbered head), pemberian permasalahan, pembagian lembar kerja kelompok, diskusi kelompok, presentasi dan pembahasan hasil diskusi oleh setiap siswa, dan kesimpulan hasil diskusi; (f) Observasi oleh pengamat dengan instrumen penelitian (lembar observasi); (g) Refleksi dan evaluasi. 2) Menunjukkan ada peningkatan terhadap aspek keaktifan siswa pada siklus I 75,94(76%) meningkat pada siklus II 77,67(78%) dan pada siklus III 80,00(80%). 3) Menunjukkan ada peningkatan terhadap aspek kerja sama siswa pada siklus I 72,97(73%) meningkat pada siklus II 74,53(76%) dan pada siklus III 77,67(78%). Kata kunci: Numbered Head Together (NHT), Keaktifan Siswa, Kerja Sama Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:12
Last Modified: 30 Jan 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43673

Actions (login required)

View Item View Item