Penerapan “Jam Belajar Masyarakat” di Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman

Margini, Margini (2010) Penerapan “Jam Belajar Masyarakat” di Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-margini-07703259016.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana penerapan, manfaat penerapan dan tingkat efektivitas penerapan “Jam belajar masyarakat” di desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, karena memaparkan data sebagaimana adanya. Pengambilan data diperoleh dalam situasi yang wajar, analisa data secara induktif. Penerapan “Jam Belajar Masyarakat” merupakan hasil kesepakatan dari kelompok masyarakat untuk menerapkan wajib belajar di sore hari bagi anak-anak sekolah. Tujuan utama diterapkannya “Jam Belajar Masyarakat” adalah membentuk pembiasaan disiplin belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan “Jam Belajar masyarakat” memberi banyak manfaat, tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak sekolah, tetapi bermanfaat bagi orang tua dan masyarakat. Berpijak dari kenyataan di atas maka penerapan “Jam Belajar Masyarakat” menjadi bagian yang sangat strategis dalam dalam rangka mensukseskan hasil pendidikan anak-anak. Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan “Jam Belajar Masyarakat” adalah keselarasan dengan kebijakan, kepedulian dan kesungguhan dalam pengelolaan pelaksanaan program, sehingga penerapan “Jam belajar masyarakat” menjadi efektif dan bermakna.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: jam belajar masyarakat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2016 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43672

Actions (login required)

View Item View Item