Kinerja Supervisor Internal Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Gunung Galesa Moyo Hilir Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Syar’i, M. Najamuddin (2010) Kinerja Supervisor Internal Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Pondok Pesantren Gunung Galesa Moyo Hilir Sumbawa Nusa Tenggara Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-najamuddin-syari-05703254009.swf

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti: (1) seberapa tinggi efektifitas kinerja kepala sekolah/madrasah sebagai supervisor internal dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah tsanawiyah di Pondok Pesantren Gunung Galesa, dan (2) juga untuk mengungkapkan hubungan kerjasama antar supervisor(Depag, Dikanas dan sekolah), serta (3) kendala kendala yang di hadapi oleh supervisor. Penelitian merupakan penelitan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan kajian dokumen. Kemudian data diperiksa keabsahanya melalui: (1) perpanjangan keikutsertaan, (2) ketekunan pengamatan, (3) triangulasi, (4) diskusi sejawat, (5) kecukupan refrensi, (6) kajian kasus negatife (7) pengecekan anggota, (8) uraian rinci, and (9) auditing. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, pemerosesan data, pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kinerja Supervisor belum optimal karena: (a) kuaifikasi dan kompetensi pengawas belum sesuai dengan standar pengawas N0.12 tahun 2007, (b) strategi yang diterapkan belum sesuai dengan tujuan sekolah sebagai penjabaran visi dan misi, (c) rendahnya antusiasme guru dan karyawan untuk mengikuti pelatihan. (2) Rendahnya kerjasama supervisor dengan para supervisor tingkat kabupaten dan musyawarah K3S, KKM, FKSPP Kabupaten dan propinsi. (3) Kurangnya kunjungan supervisor ke kelas. (4) Kendala-kendala yang di hadapi: (a) lamanya waktu yang di butuhkan untuk menyelesaikan masalah dibidang teknis, (b) tidak adanya sumber dana yang tetap, (c) pelaksanaan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, akuntabilitas yang akuntabel, belum bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan/direncanakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja, supervisor internal, mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2016 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43669

Actions (login required)

View Item View Item