[Ringkasan Skripsi] Efektivitas Program Sekolah Siaga Bencana Sebagai Strategi BPBD DIY Dalam Pengurangan Risiko Bencana di Kota Yogyakarta

Perwira, Arditha Sinar (2016) [Ringkasan Skripsi] Efektivitas Program Sekolah Siaga Bencana Sebagai Strategi BPBD DIY Dalam Pengurangan Risiko Bencana di Kota Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan Skripsi_Arditha Sinar Perwira_12417141027.swf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Sekolah Siaga Bencana (SSB) serta faktor penghambat program SSB sebagai salah satu strategi pengurangan risiko bencana di Kota Yogyakarta yang diimplementasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY. Desain penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian adalah Staf Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DIY, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Yogyakarta, Supervisor Data Pusat Pengendalian Operasi (PUSDALOPS) BPBD Kota Yogyakarta, Staf Yayasan Pengembangan dan Peningkatan Sumberaya Ummat (YP2SU), Kepala Sekolah, Guru, Siswa SD N Bangunrejo 1 dan 2. Istrumen Penelitian adalah peneliti sendiri dengan alat bantu pedoman wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program SSB di Kota Yogyakarta belum efektif dilihat dari 4 indikator 1. Ketepatan sasaran, 2. Sosialisasi program, 3. Tujuan program, 4. Pemantauan program, yang didukung oleh temuan data dalam penelitian ini, bahwa: tidak siapnya siswa SD sebagai sasaran program untuk menyebarluaskan informasi, kurang mendalamnya materi sosialisasi program SSB kepada para guru, belum terwujudnya aspek afektif dan psikomotorik siswa dalam mewujudkan pengurangan risiko bencana, tidak lengkapnya dokumen kesiapsiagaan di sekolah, dan sistem pemantuan program yang kurang efektif. Faktor penghambat yang muncul bagi BPBD antara lain keterbatasan waktu dalam proses sosialisasi, tingkat pemahaman guru dan siswa tentang materi pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana, serta kurangnya fasilitas pendukung dalam menciptakan kondisi aman bencana di SD N Bangunrejo 1 dan 2. Kata Kunci: Efektivitas, BPBD, Sekolah Siaga Bencana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 16 Nov 2016 00:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43665

Actions (login required)

View Item View Item