APLIKASI GRAF FUZZY PADA PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN TERBAN KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Tobunggu, Hisbullah and Abadi, Agus Maman and Mustofa, Mustofa (2016) APLIKASI GRAF FUZZY PADA PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN TERBAN KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Graf fuzzy adalah bagian ilmu matematika yang merupakan kombinasi dari teori graf dan logika fuzzy. Salah satu aplikasi dari graf fuzzy adalah digunakan sebagai metode penyelesaian masalah kemacetan yang terjadi di persimpangan jalan yang menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas atau APILL. Oleh karena itu diambil sampel kemacetan yang terjadi di persimpangan jalan Terban, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai contoh pengaplikasian graf fuzzy. Penyelesaian masalah kemacetan yang terjadi di persimpangan jalan Terban, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta diawali dengan pembentukan graf fuzzy untuk melihat fase arus lalu lintas yang digunakan pada persimpangan tersebut. Simpul pada graf fuzzy merupakan arus lalu lintas dengan fungsi keanggotaan yang ditentukan melalui banyaknya kendaraan yang melewati arus lalu lintas tersebut dalam selang waktu tertentu, dan sisinya adalah arus lalu lintas yang saling berpotongan apabila bergerak secara bersamaan dengan fungsi keanggotaan yang ditentukan dari fungsi keanggotaan dua simpul yang terhubung oleh sisi terebut. Selanjutnya dilakukan pewarnaan graf fuzzy untuk memaksimalkan fase arus lalu lintas, sedangkan pada tahap terakhir dilakukan analisis logika fuzzy dengan bantuan Matlab 7.11.0 R2010b untuk mengetahui penggunaan optimal lama waktu lampu hijau. Hasil penerapan teori graf pada masalah kemacetan yang terjadi di persimpangan jalan Terban, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukkan bahwa terdapat tiga fase arus lalu lintas. Dengan menggunakan bantuan Matlab 7.11.0 R2010b diperoleh optimal lama waktu lampu hijau pada setiap fasenya. Optimal penggunaan waktu lampu hijau pada fase I adalah 33 detik, fase II adalah 17 detik, dan pada fase III adalah 12 detik. Kata Kunci: Graf fuzzy, pewarnaan graf, logika fuzzy.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43664

Actions (login required)

View Item View Item