PERBEDAAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE (PERTUKARAN TIGA MEMUTAR) DAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 PLERET

., Rinawati (2016) PERBEDAAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE (PERTUKARAN TIGA MEMUTAR) DAN METODE BUZZ GROUP TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 PLERET. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Full)
Skripsi Full 12416241002.swf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Full 12416241002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis/index.php

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS dan tersedianya Metode Rotating Trio Exchange dan Metode Buzz Group yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keaktifan siswa yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan dengan metode Rotating Trio Exchange dan siswa yang diberi perlakuan dengan metode Buzz group pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain Pretest-Postest, Nonequivalent Multiple-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret Tahun Ajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik Rondom Sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket keaktifan siswa dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Validitas intrumen dihitung dengan Product Moment, dan reliabilitas angket dihitung dengan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test). Hasil analisis uji-t menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keaktifan siswa yang diberi perlakuan dengan metode Rotating Trio Exchange dan siswa yang diberi perlakuan dengan metode Buzz group. Hasil angket kelas eksperimen 1 yang menggunakan metode Rotating Trio Exchange lebih tinggi dari pada kelas eksperimen 2 yang menggunakan metode Buzz Group sehingga dapat diketahui bahwa metode Rotating Trio Exchange lebih baik dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS. Kata kunci: Metode Rotating Trio Exchange, Metode Buzz Group, Keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 16 Nov 2016 00:06
Last Modified: 16 Nov 2016 00:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43654

Actions (login required)

View Item View Item