PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROKARBON DENGAN ILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MATERI PENGAYAAN SISWA SMA/SEDERAJAT

Ernawati, Dian (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HIDROKARBON DENGAN ILUSTRASI 3 DIMENSI (3D) BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MATERI PENGAYAAN SISWA SMA/SEDERAJAT. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Dian.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia yang bertujuan untuk menghasilkan Monograf “Augmented Chemistry Hidrokabon Alkana, Alkena, Alkuna” Berilustrasi 3 dimensi (3D) sebagai Materi Pengayaan Kimia dan menentukan kualitas monograf tersebut berdasarkan penilaian guru kimia SMA. Subjek penelitian ini adalah monograf “Augmented Chemistry Hidrokarbon Alkana, Alkena, Alkuna”. Objek peneltian ini adalah kualitas monograf berdasarkan penilaian guru kimia. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahapan yang mengadaptasi dari model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) tetapi hanya dibatasi sampai pada tahap ke tiga saja yaitu pengembangan. Produk awal penelitian ditinjau oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan peer reviewer untuk memperoleh masukan sebagai bahan pertimbangan melakukan revisi. Produk hasil revisi kemudian dinilai oleh guru kimia untuk mengetahui kualitas produk pengembangan. Hasil penelitian ini berupa monograf “Augmeted Chemistry Hidrokarbon” sebagai materi pengayaan kimia yang dilengkapi dengan marker. Marker berisi objek 3D yang dapat ditampilkan menggunakan komputer, laptop, maupun smartphone minimal versi 4.0.3. Berdasarkan analisis data, monograf “Augmeted Chemistry Hidrokarbon” memiliki kriteria “sangat baik” sehingga layak digunakan sebagai materi pengayaan kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 15 Nov 2016 06:47
Last Modified: 30 Jan 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43635

Actions (login required)

View Item View Item