PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 BANSARI TEMANGGUNG

Drajat, Nugroho (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 BANSARI TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
drajat nugroho 14.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar dengan pokok bahasan materi Menerapkan Dioda Semikonduktor Sebagai Penyearah untuk siswa kelas X TAV di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan tahapan pengembangan meliputi tahap analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, uji coba produk skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash Pro CS5. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket skala likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar dengan materi pelajaran Menerapkan Dioda Semikonduktor Sebagai Penyearah. Media pembelajaran tersebut sangat menarik dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas X TAV di SMK Negeri 1 Bansari Temanggung. Tingkat kemenarikan dan kemudahan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif diperoleh dari validator ahli media sebesar 3.5 pada kategori menarik dan 4.0 pada kategori mudah, uji coba lapangan skala kecil sebesar 4.6 pada kategori sangat menarik dan 4.4 pada kategori sangat mudah , dan uji coba lapangan skala besar sebesar 4.3 pada kategori sangat menarik dan 4.0 pada kategori mudah. Kata Kunci : Media, Pembelajaran, Pengembangan, Multimedia, Interaktif, Kemenarikan, Kemudahan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Nov 2016 08:00
Last Modified: 30 Jan 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43624

Actions (login required)

View Item View Item