HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI TK GUGUS PAUD 3 KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Firda, Luthfiana (2016) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI TK GUGUS PAUD 3 KECAMATAN IMOGIRI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI FIRDA LUTHFIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah dengan Pembentukan kepribadian anak di TK Gugus PAUD 3 Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta . Lingkungan merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi kepribadian manusia. Penelitian ini adalah kuantitatif-korelasional jenis survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 331. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, dengan ukuran sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael sehingga diperoleh sampel sebanyak 170 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis etha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan sekolah dengan pembentukan kepribadian anak di TK Gugus PAUD 3 Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta dengan dibuktikan nilai F hitung sebesar 67,40445 dan F tabel sebesar 3,06. Yang berarti F hitung lebih besar dari F tabel dan sebaliknya F tabel lebih kecil dari F hitung. TK ABA 1 Imogiri memiliki nilai mean tertinggi sebesar 80,7551, artinya bahwa dari ketiga sekolah tersebut TK ABA 1 Imogiri merupakan TK yang memiliki lingkungan paling kondusif untuk pembentukan kepribadian anak. Kata kunci: lingkungan sekolah, kepribadian anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 15 Nov 2016 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43616

Actions (login required)

View Item View Item