IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)-5E UNTUK MENINGKATAKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK 45 WONOSARI

Ihsan, Nurul (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)-5E UNTUK MENINGKATAKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN CHASIS DAN SISTEM PEMINDAH TENAGA KOMPETENSI SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK 45 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
a. Naskah TAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : menerapkan metode pembelajaran Learning cycle 5E untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga (PC-SPT) kompetensi sistem rem. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknologi Kendaraan Ringan O3 sebanyak 20 siswa. Tempat penelitian dilakukan di SMK 45 Wonosari. Prosedur yang digunakan mengadopsi prosedur penelitian tindakan kelas model Kurt and Lewin. Terdapat 4 tahapan untuk tiap siklus, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Validasi kelayakan instrumen dilakukan dengan expert judgement. Pengambilan data motivasi menggunakan angket dengan jumlah pernyataan 30 butir, sedangkan hasil belajar menggunakan tes dengan jumlah soal 20 butir. Data dari evaluasi teori diolah dengan mencari modus dan rata-rata, selanjutnya membandingkannya dengan indikator ketuntasan penelitian (75%). Hasil penelitian diketahui bahwa: adanya peningkatan motivasi siswa dapat dilihat mulai dari pra tindakan yaitu 47%, siklus I 57% dan siklus II 81% dengan kriteria keberhasilan penelitian yaitu 70%. Adanya peningkatan hasil belajar yang di peroleh pada siklus I presentase siswa yang mencapai KKM ada 50% atau sejumlah 10 siswa, sedangkan pada siklus II presentase siswa mencapai KKM ada 95% atau sejumlah 20 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, karena tercapainya indikator ketuntasan penelitian terjadi pada siklus II. Kata kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Motivasi dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Nov 2016 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43612

Actions (login required)

View Item View Item