PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KONSEP JARINGAN KOMPUTER KELAS XI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL

Yulianto, Andry (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KONSEP JARINGAN KOMPUTER KELAS XI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE DI SMK NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Andry Yulianto 14.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Jaringan Komputer Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Menggunakan Lectora Inspire di SMK Negeri I Ngawen Gunungkidul dilatarbelakangi oleh sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional dalam proses pembelajaran, padahal sarana dan prasarana yang ada disekolah sudah sangat memadai seperti sudah tersedia proyektor di setiap ruang kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) mendapatkan hasil pengembangan multimedia pembelajaran Konsep Jaringan Komputer untuk kelas XI, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan sebagai berikut: (1) Mencari potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data yang dibutuhkan, (3) membuat desain produk, (4) melakukan validasi desain, (5)melakukan revisi tahap 1, (6)melakukan uji coba skala kecil, (7) melakuakan revisi tahap 2, (8) melakukan uji coba pengguna, (9)melakukan pemaketan, dan (10) mendapatkan produk akhir. Media pembelajaran dikembangkan dengan software Lectora Inspire. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berhasil menciptakan media pembelajaran Konsep Jaringan Komputer. (2) berhasil mendapatkan peniliaian terhadap media pembelajaran dengan kategori sangat layak digunakan dengan rerata kelayakan sebesar 3,37 dari ahli media, 3,61 dari ahli materi, dan 3,26 dari pengguna, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar sebesar 20,91 poin dari sebelum dengan sesudah menggunakan media, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : pengembangan, kelayakan, hasil belajar, multimedia pembelajaran, konsep jaringan dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Nov 2016 07:11
Last Modified: 30 Jan 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43611

Actions (login required)

View Item View Item