PENINGKATAN MINAT PADA PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI RANGSANG MUSIK BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KEDUNGGEDE, BANYUMAS

Nurani Puji Aswi, Nurani (2016) PENINGKATAN MINAT PADA PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI RANGSANG MUSIK BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KEDUNGGEDE, BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
0.SKRIPSI NURANI_Nurani Puji Aswi.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat anak dalam pembelajaran tari melalui rangsang musik siswa di kelas V SD Negeri 2 Kedunggede Banyumas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan dilaksanakan pada bulan Maret-April 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri II Kedunggede Banyumas, dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Kolaborator penelitian ini adalah Ibu Nurul Djulita, S.Pd. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,dokumentasi, penampilan subjek penelitian, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif di dukung dengan data kuantitatif, yaitu mendeskripsikan hasil pembelajaran tari di SD Negeri 2 Kedunggede Banyumas. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini ditandai apabila : (1) perbandingan sebelum tindakan dan setelah tindakan mengalami peningkatan minat dengan persentase minimal 80% (2) mengalami peningkatan hasil belajar dengan persentase minimal 80% menggunakan rangsang musik dengan KKM 75. Hasil penelitian, terjadi peningkatan minat siswa dalam pembelajaran seni tari. Hasil penilaian minat pra tindakan 9% meningkat pada siklus I yaitu 14%, pada siklus II meningkat hingga 43%, dan siklus III meningkat hingga 84% yang artinya sudah memenuhi target penelitian minat siswa terhadap seni tari melalui rangsang musik. Kemudian peningkatan hasil belajar seni tari siswa pada pra tindakan 25% mengalami peningkatan pada siklus I, II, dan III yaitu 43%, 46%, dan 86% yang artinya telah mencapai target penelitian. Dengan ini rangsang musik dapat meningkatkan minat siswa kelas V SD Negeri II Kedunggede Banyumas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, pembelajaran tari, rangsang musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 14 Nov 2016 08:50
Last Modified: 30 Jan 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43595

Actions (login required)

View Item View Item