PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMASANG DAN MENGOPERASIKAN PENGENDALI ELEKTRONIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Bagiyo , Prasojo (2012) PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT BANTU PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MEMASANG DAN MENGOPERASIKAN PENGENDALI ELEKTRONIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
DEVELOPMENT AND IMPLEMENTATION EDUCATIONAL AIDS OF THE SUBJECT OF INSTALLED AND OPERATED ELECTRONICAL CONTROLLING.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unjuk kerja dan tingkat kelayakan alat bantu pembelajaran mata diklat memasang dan mengoperasikan pengendali elektronik serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi pembelajaran kooperatif pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research and Development) diteruskan dengan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Obyek penelitian ini berupa pengembangan alat bantu pembelajaran mata diklat memasang dan mengoperasikan pengendali elektronik berupa unit praktik dan lembar kerja praktikum (labsheet). Unit praktik dan lembar kerja praktikum (labsheet) dilakukan proses validasi dan dinyatakan layak, kemudian diimplementasikan melalui penelitian tindakan kelas dengan strategi pembelajaran kooperatif teknik STAD. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan angket dan soal tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji unjuk kerja alat bantu pembelajaran mata diklat memasang dan mengoperasikan pengendali elektronik sebagai unit praktik dapat berjalan sesuai dengan variasi program yang terdapat pada lembar kerja praktikum. Hasil penilaian uji kelayakan berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,18 (sangat baik) dengan kategori layak, sedangkan evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,00 (sangat baik) dengan kategori layak, adapun penilaian dari guru pengampu didapatkan rata-rata sebesar 3,19 (sangat baik) dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penilaian malalui strategi pembelajaran kooperatif teknik STAD didapatkan hasil belajar peserta didik pada siklus pertama dengan nilai rata-rata sebesar 7,5 sedangkan pada siklus ke dua hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 8,5, ada peningkatan prestasi belajar dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 13,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 09:20
Last Modified: 29 Jan 2019 15:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item